Perumnas Tawarkan Rumah Murah Kepada Gubernur Terpilih

0
13
Dok. infosolo.com

KonsPro (22/9), JAKARTA – PERUM Perumahan Nasional (Perumnas) yang berencana menghadirkan rumah murah bagi warga Jakarta. Direktur Utama Perumnas, Himawan Arif Sugoto mengatakan, Perumnas akan bekerja sama dengan Gubernur terpilih nanti. “Bagaimanapun juga, Jakarta adalah kota besar yang memiliki masalah kepadatan. Jadi dibutuhkan penataan,” ujar Himawan Jumat 21 September 2012.

Ia mengatakan dalam mengatasi kepadatan, perlu usaha sangat keras dari Perumnas. Himawan mengatakan, sudah merevisi bentuk badan hukum dari Perum ke Perseroan. Diharapkan dalam satu hingga dua bulan ke depan, perusahaan pelat merah ini sudah berbentuk Persero.

“Perumnas memungkinkan bekerja sama dengan pemerintah daerah menata pemukiman dengan adanya bentuk perseroan,” ujar Himawan.

Himawan mengatakan, untuk kawasan kumuh, tidak akan dilakukan penggusuran, melainkan warganya direhabilitasi. “Kami juga hendak menata kawasan dan memperbaiki rumah susun yang sudah tua,” katanya.

Menurut Himawan usulan akan diajukan setelah Gubernur baru resmi dilantik. Hasil hitung cepat atau qucik count mengantarkan Joko Widodo dan Basuki Tjahaja Purnama unggul dalam pemilihan Gubernur DKI Jakarta. “Ini mengacu dari pengalaman kita membangun pemukiman di Solo dan juga berinteraksi dengan pemerintahnya,” Himawan mengatakan.

Sejumlah perusahaan BUMN lain yang hendak melaksanakan proyek bagi pemerintahan DKI yang baru adalah PT Adhi Karya, PT Jasa Marga, PT Hutama Karya, dan PT KAI. Menteri BUMN, Dahlan Iskan menyatakan, segera setelah dilantiknya Gubernur terpilih, pihaknya segera mengajukan proposal. (kompas.com)