Tips Menciptakan Dapur Sehat untuk Apartemen Anda

0
11
Ilustrtasi

KonsPro (27/7) – DAPUR  memiliki peranan pen-ting dalam sebuah hunian terlebih lagi untuk hunian apartemen. Di sinilah bahan makanan yang diperlukan bagi kehidupan penghuninya, diolah menjadi makanan yang siap saji dan siap dihidangkan. Karena peranan tersebut, dapur harus selalu terjaga kebersihan dan higienis.

Berikut adalah tips menciptakan dapur yang sehat dan aman di apartemen:

Pencahayaan

Pastikan area dapur Anda cukup mendapatkan inten-sitas cahaya matahari. Pencahayaan matahari sangat diperlukan selain sebagai penerangan yang alami juga dapat membunuh bakteri dan menghindarkan dari binatang pengganggu seperti kecoa.

Sirkulasi Udara

Pastikan area dapur Anda memiliki banyak bukaan dan ventilasi (pintu ataupun jendela )

Material

Di atas kompor Anda sebaiknya di pasangkan Cooker Hood untuk mem-buang asap dan uap hasil memasak.

Peralatan

Untuk peralatan-peralatan dapur seperti microwave, oven dan peralatan yang terhubung dengan listrik sebaiknya di jauhkan dari jangkauan anak- anak

Kebersihan

Buanglah sampah dapur minimal 1 kali dalam sehari dan jaga kelembaban, sehingga menghindari potensi tumbuhnya jamur dan bakteri.

Keamanan

Biasakan anda tidak menyemprotkan pestisida, obat serangga untuk membe-rantas hewan pengganggu. Jika akan sangat memerlukan sekali untuk penyemprotan obat serangga di dapur maka sebaiknya anda buka dahulu jendela- jendela rungan anda

Selamat mencoba tips Dapur Sehat di atas dan hi-dup sehat bersama keluarga Anda. (greencityriau)