Bogor Tambah Kota Baru

0
7

KonsPro (12/8) JAKARTA – KOTA baru terus bertumbuh di kawasan Bodetabek (Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi). Di Bogor, misalnya, beberapa pengembang sudah berencana membangun kota baru pada 2012 mendatang.

Lewat merek Sentul Nirwana, Nirwana Group termasuk yang akan membangun proyek kota mandiri seluas 12.000 hektare di Bukit Jonggol, Bogor, Jawa Barat. “Sampai akhir tahun ini kami hanya menginvestasikan dana sebesar 200 miliar rupiah untuk Sentul Nirwana, sedangkan pembangunan tahap I akan dimulai pada 2012. nanti,” ujar pengembang Nirwana Group, Hiramsyah S Thaib, dalam keterangan resminya di Jakarta, Kamis (11/8).

Beberapa kluster perumahan yang akan dijual pada kisaran harga 600 juta hingga 800 juta rupiah dengan target pasar adalah kelas menengah dan atas. Hiramsyah menjelaskan perseroan akan mengawali pengembangan Sentul Nirwana dengan pembangunan infrastruktur yang bertujuan untuk mematangkan konsep hunian.

Kawasan Sentul Nirwana akan terintegrasi dengan Sentul City dan proyek Bogor Nirwana Residence. Pengembangan Sentul Nirwana terinspirasi Sentul City. Menurut Hiramsyah, pengembangan kota baru di kawasan Bogor menarik. Alasannya, lahan kosong masih banyak dan berpotensi berkembang menyusul Jakarta. Kedua, akses dari dan menuju Sentul, Bogor, terus berkembang, yaitu lintas provinsi dari arah Cipanas dan akses via Sentul City.

Sentul Nirwana diharapkan dapat menjadi pilihan bagi masyarakat, khususnya pekerja Jakarta, yang mencari hunian lengkap serta jauh dari kepenatan Ibu Kota. Selanjutnya, direncanakan akan dibangun taman bermain di Jonggol yang berdiri di area seluas 200 hektare. Sepanjang tahun 2011, Bakrieland siap tumbuh 30 hingga 50 persen dari total pendapatan sampai akhir tahun ini 1,3 triliun rupiah.