70 Gedung Daftar Sertifikasi Ramah Lingkungan

0
13

 

KonsPro (13/8) JAKARTA – SEBANYAK  70 bangunan sudah mendaftar untuk disertifikasi sebagai Bangunan Ramah Lingkungan, 30 di antaranya sedang dalam proses sertifikasi.

Demikian dikemukakan Ketua “Green Building Council of Indonesia” (GBCI) Naning Adiwoso usai peluncuran Sistem Sertifikasi Bangunan Ramah Lingkungan di Jakarta, Jumat oleh Menteri Lingkungan Hidup Gusti Muhammad Hatta.

 

GBCI ditunjuk oleh Kementerian Lingkungan Hidup sebagai Lembaga Sertifikasi Bangunan Ramah Lingkungan yang pertama di Indonesia yang telah memenuhi persyaratan untuk diregistrasi kompetensinya.

 

Sertifikasi Bangunan Ramah Lingkungan merupakan salah satu upaya untuk menurunkan emisi gas rumah kaca dengan menerapkan penghematan energi karena menggunakan sumberdaya energi alternatif yang terbarukan dan penggunaan produk-produk ramah lingkungan.

Menurut Naning, sertifikasi bangunan ramah lingkungan mempunyai keuntungan jangka panjang yaitu pengurangan biaya. Ia mencontohkan beberapa bangunan yang sudah dalam proses sertifikasi seperti gedung Kementerian Pekerjaan Umum mampu menghemat energi hingga 38%.  Bangunan lain seperti Kedutaan Besar Austria mampu menghemat energi hingga 42%, dan Grand Indonesia menghemat energi sampai 30%.

Menurut dia, jumlah bangunan yang ingin disertifikasi trsebut melebihi target mereka yang semula hanya 30 bangunan. Hal ini menandakan tingginya minat pengelola gedung untuk menjadikan bangunannya sebagai bangunan ramah lingkungan.

Direktur Jenderal Penataan Ruang Kementerian Pekerjaan Umum (PU) Imam S Ernawi mengatakan, energi yang penggunaannya paling tinggi adalah untuk pengatur suhu udara di gedung yang mencapai 57% lalu disusul industri dan transportasi.

Ia menjelaskan, dalam UU Nomor 28/2002 tentang Bangunan Gedung sudah diatur mengenai bangunan ramah lingkungan. Kementerian PU juga sudah berupaya konkret melalui peraturan perundang-undangan, sosialisasi maupun bantuan teknis.

“Dengan sertifikasi bangunan ramah lingkungan dapat mengambil bagian dalam mengurangi emisi gas rumah kaca, mengemat energi, hemat air dan memberi dampak positif bagi kesehatan penghuninya,” kata Imam. (Ant.)