Marak Hunian Jadi Tempat Komersil

0
14
Foto: beritajakarta.com

KonsPro (19/20) JAKARTA – MESKI  rumah dilarang dijadikan tempat usaha, namun tidak sedikit hunian di Perumahan Puri Indah telah berubah fungsi menjadi tempat komersil. Bahkan, beberapa tempat usaha itu berdiri tidak jauh dari papan larangan menjadikan rumah sebagai tempat usaha.

Kondisi itu terlihat pada apotek Puri Sehat, di Jalan Kembang Murni II Blok L2 Nomor 8, Kelurahan Kembanganselatan, Kecamatan Kembangan, Jakarta Barat. Apotek ini hanya berjarak sekitar 60 meter dari papan pengumuman yang berbunyi, “Pelihara Lingkungan Perumahan. Rumah Dilarang Dijadikan Tempat Usaha.”

Rumah itu bukanlah satu-satunya tempat yang dijadikan lokasi usaha. Pantauan beritajakarta.com tidak jauh dari apotek tersebut atau di Jalan Kembang Elok, Blok K1 Perumahan Puri Indah juga beroperasi agen laundry dan salon. Di Jalan Buana Biru Besar I dengan label Apotek Senta juga beroperasi usaha penjualan obat dengan menggunakan bangunan rumah.

Salah seorang dokter yang praktik di usaha dokter bersama tempat Apotek Puri Sehat beroperasi, dr Yahya Lengkong saat dikonfirmasi mengatakan, apotek termasuk dalam kelompok pelayanan profesional yang diizinkan beroperasi di pemukiman.

“Asalkan tidak mengganggu atau merusak keserasian lingkungan, serta kegiatan sosial yang tidak mengganggu lingkungan. Usaha praktik keahlian perorangan atau kegiatan sosial tersebut diperbolehkan beroperasi di pemukiman jika memiliki izin Undang-Undang Gangguan (UUG) yang dikeluarkan Satpol PP,” jawabnya, Rabu (18/5).

Namun, Walikota Jakarta Barat, Burhanuddin, menegaskan keberadaan Apotek Puri Sehat maupun apotek lain di daerah pemukiman melanggar peruntukan. Untuk itu pihaknya akan melakukan penertiban terhadap apotek maupun jenis usaha lainnya yang beroperasi di daerah pemukiman.

“Tidak boleh apotek beroperasi di pemukiman, salah satu contohnya tahun lalu kami menutup apotek Century yang beroperasi di Perumahan Puri Indah. Kalau usaha praktik dokter bersama boleh, tapi kalau apoteknya tidak boleh,” tegasnya. (BeritaJakarta)