Dipingpong BTN Syariah-Developer

0
53

KonsPro (8/5) – SERANG – TERTARIK dengan brosur perumahan Krakatau Residence yang berlokasi di Harjatani, Kramatwatu, Serang, Banten yang dibangun oleh developer PT Arina Bayuswakarsa REI no : 0001476, saya pun melakukan booking fee. Lebih tertarik lagi saat pihak developer menginformasikan bahwa dengan aplikasi Jamsostek customer bisa mendapatkan bantuan uang muka.

Saatnya akad kredit semua berjalan tanpa ada masalah, sampai akhirnya kira-kira seminggu setelah akad kredit saya dihubungi pihak BTN Syariah Cilegon bahwa ada kekeliruan pada proses akad kredit kami. yaitu pada aplikasi permohonan bantuan uang muka dari jamsostek.

Disebutkan bahwa aplikasi Jamsostek saya tidak masuk ke dalam berkas-berkas yang diajukan oleh developer hingga konsekuesinya kekurangan uang muka sebesar Rp20 juta menjadi tanggung jawab saya. Sementara di lain pihak, developer menyatakan bahwa pihak bank lah yang lupa menyertakan data pengajuan jamsostek saya di data bank.

Konsekuensi dari masalah tersebut diatas ada beberapa hal yang menjadi permasalahan yang memberatkan saya sebagi konsumen atau nasabah ; yaitu saya harus melunasi kekurangan tersebut sekaligus tanpa dicicil jika ingin menerima kunci rumah. Padahal pembayaran KPR sudah berjalan kira-kira 4 bulan, dan ini semua terjadi bukan dikarenakan akibat kesalahan saya sebagai konsumen.

Sudah beberapa kali saya menghubungi dan mendatangi pihak BTN Syariah Cilegon maupun Developer tapi tidak ada yang bisa memberikan solusi yang adil. Malah saya harus memberikan BPKB, sertifikat, sebagai jaminan atau solusi lain untuk membayar dahulu kekurangan yang Rp20 juta sekaligus baru kunci diserahterimakan. Suatu solusi yang maunya enak sendiri.

Dani Mahbubillah, Karyawan Swasta,  Serang

(mediaindonesia.com)