Margahayu Land Mana Tanggung Jawabnya?

0
25

 

KonsPro (12/02) – UNTUK  kedua kalinya masalah ini saya sampaikan di surat pembaca. Kejadian ini sudah dari bulan Juni 2010 kemarin dan sampai sekarang masih belum ada penyelesaiannya.

Saya salah satu dari 7 korban penipuan yang dilakukan oleh oknum karyawan PT Margahayu Land saudara Seira Tika Stania atas pembayaran DP rumah di Bumi Orange Bandung, 90 juta lebih uang kami bertujuh Beliau tipu.

Sebagai langkah awal pihak Margahayu Land (Pak Syamsul) menyarankan agar melaporkan pelaku ke polisi dengan harapan keluarganya mau menebus kerugian yang pelaku lakukan. Karena kami buta hukum, maka kami pun menurutinya, proses pun berlanjut ke persidangan di pengadilan negeri Bandung.

Dalam persidangan hakim menyatakan kalau kami tidak bisa menuntut ganti rugi ke pelaku karena berdasarkan Pasal 1367 ayat (3) KUH Perdata bahwa “Dalam konteks hubungan kerja, kesalahan seseorang karyawan terhadap pihak lain (pihak ketiga) yang dirugikan, menjadi tanggung-jawab manajemen perusahaan (“majikan-majikan”) dan itu merupakan resiko perusahaan”.

Melalui surat pembaca ini kami meminta kepada PT Margahayu Land untuk:

  1. Menyelesaikan kasus ini secepat mungkin.
  2. Pada tanggal 30 Januari 2011, Ibu Anti Gantira Nathin (Direktur Pemasaran) menjanjikan bahwa dalam waktu 3 hari (31 Januari, 1, 2 Februari) dari pihak PT Margahayu akan menghubungi kami via telepon untuk menjelaskan update permasalahannya, tetapi setelah ditunggu 3 hari bahkan sampai sekarang tidak ada kabar berita pun dari pihak Margahayu. Mohon penjelasannya kenapa tidak di follow up?
  3. Khusus bagi Saya, permasalahan ini Saya anggap beres jika pihak perusahaan mau mengganti rugi 100% atau tidak sama sekali dengan catatan pihak perusahaan dengan ditanda tangani diatas materai oleh Direktur Utama PT Margahayu Land membuat pernyataan yang isinya bahwa “PT Margahayu Land tidak mampu mengganti kerugian yang dilakukan oleh Sdr Siera Tika selaku karyawan PT Margahayu Land kepada saya Ali Mursid selaku korban”.

Demikian untuk menjadi perhatian pihak PT Margahayu Land. Jangan salahkan kami jika masalah ini dimuat di publik, karena perusahaan Anda lah yang membuat kami jadi begini. Kepada redaksi kompas.com, Terima kasih atas diterbitkannya keluhan kami.

Ali Mursid, Desa Cilowa No 504 Kec KaramatMulya, Kuningan.

kompas.com