2011, Order Semen Tonasa Melalui Internet

0
13

KonsPro (21/12) PANGKAJENE — PT Semen Tonasa akhirnya mengintegrasikan sistem informasi dan komunikasi ke dalam program (System, Applications and Products in Data Processing (SAP).

Software ini adalah perangkat aplikasi ERP (Enterprise Resource Planning) terbaru. ERP yang kini banyak digunakan perusahaan-perusahaan besar di negara maju tersebut mulai diterapkan PT Semen Tonasa mulai 1 Januari 2011 mendatang.

Dengan SAP ERP ini, seluruh informasi dari PT Semen Gresik, PT Semen Padang serta PT Semen Tonasa akan diintegrasikan dalam satu sistem komunikasi. “Program ini akan membuat kerja kita semakin mudah.

Karena para pemegang SAP sudah bisa mengakses seluruh informasi yang berkaitan dengan ketiga perusahaan semen, baik produksi, pemasaran, finansial bahkan sampai SDM,” ujar Direktur Pemasaran PT Semen Tonasa, Erizal Bakar usai bertemu dengan seluruh distributor di Auditorium Kantor Pusat PT Semen Tonasa, Pangkep, Sabtu 18 Desember.

Para distributor semen pelat merah itu pun mulai mempelajari sistem SAP ERP. Sistem ini sama dengan akses pada alamat internet tertentu namun dengan menggunakan password.

Untuk saat ini, SAP ERP akan dimiliki oleh para distributor yang jumlahnya lebih 70. “Bagi para distributor, sistem ini akan memudahkan pekerjaan mereka. Mereka bisa liburan tanpa harus mencemaskan kekurangan informasi mengenai pergerakan semen. Karena semuanya sudah bisa diakses melalui SAP,” kata Erizal.

Program ESP ERP merupakan buatan Jerman yang telah lama dipakai pada perusahaan besar Eropa dan Amerika. PT Semen Gresik sudah me-launching program ini pada 1 Januari 2010 lalu. (fajar.co.id)