Agung Podomoro Resmi Listing IPO Rp 365

0
4
Trihatma Kusuma Haliman, Pemilik Agung Podomoro Group

KonsPro (13/11) – PERUSAHAAN pengembang PT Agung Podomoro Land Tbk (APLN) resmi mencatatkan sahamnya (listing) di Bursa Efek Indonesia dengan melepas 6,150 miliar lembar saham baru ke publik atau setara 30 persen dari jumlah saham yang dicatatkan yakni 20.500.000.000 lembar saham.

Harga pelaksanaan penawaran umum perdana saham atau initial publik offering (IPO) ini Rp 365 dengan nilai nominal Rp 100 per lembar saham. Direktur Utama PT Agung Podomoro Land Tbk Trihatman K Haliman di Jakarta, Kamis mengatakan, dari pelepasan saham itu, dana yang berhasil dihimpun dari IPO sebesar Rp 2,244 triliun dengan kapitalisasi pasar Rp 7,482 triliun.

“Hasil book building kemarin mencatatkan kelebihan permintaan sebanyak 5 kali terhadap saham kami, timingnya tepat lah,” ujarnya.

Ia menambahkan, sebanyak 35 persen dari dana hasil penawaran umum perdana itu akan digunakan untuk membayar pinjaman bank perusahaan properti. Adapun utang bank yang akan dibayar perseroan adalah pinjaman dari PT Bank Permata Tbk sebesar Rp88 miliar yang diperoleh dari fasilitas pinjaman jangka panjang Rp 200 miliar untuk pembiayaan proyek Gading Nias, dan pelunasan seluruh pinjaman dari JP Morgan Chase Bank N.A Singapura sebesar 20 juta dollar AS.

Sebanyak 35 persen dari hasil IPO juga akan digunakan oleh perusahaan untuk menyelesaikan konstruksi apartemen, hotel, dan kantor di proyek Central Park.

“Sisa dana IPO, akan digunakan untuk akuisisi dan pengembangan proyek baru yakni proyek Green Lake Sunter dan proyek baru lainnya yang digarap calon emiten properti tersebut dalam 2 tahun ke depan,” katanya. (Sumber: Antara)